Begin typing your search above and press return to search
29 September 2016,
 0
Better Business

3 Langkah Membuat Business Planning yang Efektif! (Artikel Bisnis)

29 September 2016
224 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pembuatan rencana kerja jangka pendek atau yang disebut ActionCOACH dengan rencana kerja 90 hari merupakan salah satu proses dalam bisnis yang sangat krusial dalam membantu Anda mencapai hasil yang Anda inginkan dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari.

Menurut Coach Bram Djaafara, ada tiga komponen utama yang perlu diperhatikan seorang pengusaha dalam pembuatan 90 Day Plan. Yuk, simak liputan berikut!

1. Evaluasi yang lalu
Bagi Anda yang telah rutin melakukan perencanaan bisnis 90 hari, silahkan evaluasi lagi beberapa hal berikut:

• Pencapaian Anda
• Perubahan yang telah Anda lakukan untuk bisnis Anda
• Hal-hal yang masih belum berhasil Anda lakukan atau tidak sesuai dengan target perencanaan
• Bagaimana hal tersebut berdampak terhadap bisnis Anda?
• Komitmen yang ingin Anda bawa ke 90 hari kedepan

Apabila Anda belum pernah melakukan perencanaan sebelumnya, mungkin target Anda di 90 hari kedepan ialah membuat perencanaan kerja guna mendapatkan hasil yang maksimal di bisnis Anda.
Melihat kebelakang merupakan proses penting untuk mengetahui stand point kita dalam menuju goal kedepan. Artinya, tanpa mengetahui darimana kita berangkat, kita tidak akan pernah sampai tujuan. Untuk itu, jelas sekali bahwa melihat kebelakang atau melihat titik berdiri kita adalah hal yang penting dalam sebuah perencanaan.

2. Menentukan target untuk 90 hari kedepan
Dalam menentukkan target, idealnya target-target jangka pendek tersebut merupakan pengungkit dari target utama kita yang disusun setiap awal tahunnya. Perlu diingat prinsip S(pecific), M(easurable), A(ttainable), R(elevant), T(ime Framed).

Bagi Anda yang telah memilih bisnis sebagai kendaraan Anda mencapai tujuan hidup Anda, umumnya ada dua hal yang diinginkan dalam targetnya, yakni kenaikan profit (Baca selengkapnya untuk artikel 5 Langkah Meningkatkan Profit) dan membuat bisnis yang autopilot (Baca selengkapnya untuk artikel 6 Langkah Menuju Bisnis yang Autopilot).

3. Menentukan strategi yang perlu dilakukan untuk mencapai target 90 hari kedepan
Pada bagian ini, saatnya Anda menentukan langkah-langkah apa yang perlu dan bisa Anda lakukan untuk mencapai target-target yang telah disusun disebelumnya. Umumnya di ActionCOACH, klien kami akan dibantu dengan lebih dari 200 template strategi praktis untuk masing-masing permasalahan bisnis yang dihadapinya.

Nah, setelah Anda telah melakukan ketiga hal diatas, saatnya Anda menuangkan isi dari pemikiran-pemikiran tersebut ke dalam template perencanaan kerja Anda! Selamat mencoba!

(Untuk mendapatkan tools dan template 90 Day Plan ActionCOACH, silahkan daftarkan diri Anda disini. Bagi Anda yang ingin mengikuti kegiatan planning bersama puluhan pengusaha lainnya, silahkan klik disini).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
Tips Bisnis Kuliner Bagi Pemula! (Artikel Bisnis)
next article
Ketika Anda Melihat Karyawan Sebagai Klien Internal (Artikel Bisnis)