Begin typing your search above and press return to search
3 October 2016,
 0
Family Business

7 Alasan Anda Tidak Perlu Malu Meneruskan Bisnis Keluarga! (Artikel Bisnis)

3 October 2016
257 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pernahkah Anda bermimpi untuk menunjukkan kemandirian dengan bekerja di perusahaan impian atau merintis bisnis sendiri setelah lulus kuliah? Ya, tentu saja, semakin dewasa, tanggung jawab pun semakin besar. Namun, apa jadinya itu semua apabila keluarga Anda memiliki perusahaan keluarga yang sudah berdiri bertahun-tahun lamanya?

Seperti yang kita ketahui, tentu saja bisnis orang tua membutuhkan penerus untuk meneruskan bisnisnya. Ketika Anda beranjak dewasa, artinya pula kedua orang tua Anda yang tadinya mendirikan perusahaan sekaligus penggeraknya, semakin tergerus usia dan sebentar lagi sudah tidak sanggup menghadapi dinamikanya. Nah, buat Anda sekalian yang masih ragu karena takut tidak bisa mengemban amanah, atau mungkin malu menghadapi komentar miring dari teman-temanmu yang punya bisnis sendiri, atau mungkin…merasa kurang passion di bisnis orang tua Anda, inilah 7 alasan mengapa Anda tidak perlu ragu lagi!

1. Ada kisah perjuangan dan sekian kenangan yang tak bisa terlupa begitu saja
Anda tentu tahu betul bahwa bisnis tersebut merupakan perjuangan kedua orang tua Anda itu sejak Anda masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tak bisa dipungkiri, bisnis itu pula yang menjadikan keluarga Anda bisa hidup berkecukupan hingga hari ini. Selain memberikan kehidupan yang layak, bisnis itu pula yang membuat Anda bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Nah, ketika kedua orang tuamu sudah mulai tidak sanggup lagi, bukankah ini saat yang tepat untuk mulai mengambil alih kesempatan ini?

2. Anda bukann tidak punya pilihan lain
Bisa jadi orang tua Anda tidak memaksa Anda untuk mengikuti jejaknya meneruskan usaha keluarga. Orang tua tentunya cukup bijaksana untuk memberikan Anda kebebasan dalam menentukan jalan hidup. Mungkin, mereka hanya ingin menawarkan sebuah pilihan.

Bayangkan, betapa menyedihkan apabila perjuangan berpuluh tahun harus ditutup begitu saja karena tidak ada penerusnya. Pikirkan pula berapa banyak karyawan yang terpaksa “dirumahkan” sekalipun sudah mengabdi bertahun-tahun pada bisnis tersebut? Dengan memilih meneruskan usaha keluarga, Anda memilih untuk memberikan pekerjaan dan kehidupan bagi puluhan mungkin ratusan orang!

3. Bimbang dan ragu itu wajar!
Sedari kecil, tentunya Anda memiliki cita-cita yang besar. Ketika Anda baru akan memulai perjalanan mengejar cita-cita itu, Anda justru dihadapkan pada sebuah pilihan. Di satu sisi, Anda pasti ingin membuktikan kemandirian Anda dengan merealiasikan mimpi Anda sendiri atau bekerja di perusahaan impian. Namun di sisi lain, Anda pun tentu saja tidak ingin melihat usaha keluarga tersebut hancur begitu saja.

Selain itu, wajar apabila timbul keraguan atas rasa tidak punya pengalaman untuk melanjutkan bisnis keluarga. Selama ini Anda hanya membantu orang tuamu sebisa Anda dan selebihnya Anda punya dunia sendiri. Oleh karena itu, sangat wajar dan jangan menyerah! Anda hanya perlu melihat lebih jauh dan Anda pasti bisa mengembangkan usaha orang tua Anda menjadi lebih maju lagi.

4. Tidak perlu gengsi
Apabila Anda pernah berpikir bahwa mengurus bisnis keluarga tidak keren karena artinya tidak mandiri, Anda salah besar! Hilangkanlah pikiran ini. Apabila Anda benar-benar ingin mandiri, buktikanlah dengan cara mengembangkan bisnis keluarga Anda ke langkah selanjutnya sehingga pembuktian ini cukup untuk menilai seberapa besar kemampuan Anda (Bicara dengan Coach untuk kemajuan bisnis keluarga Anda).

5. Usaha orang tua Anda perlu Anda untuk berkembang
Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan bekerja di perusahaan besar atau merintis usaha sendiri. Mengelola usaha keluarga yang sudah lama berjalan jelas tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan yang sudah dibangun selama ini.

Dengan kemampuan Anda yang mengenyam jenjang pendidikan yang tinggi, sudah saatnya Anda menggunakan berbagai ilmu yang telah Anda dapatkan untuk mengembangkan lagi bisnis keluarga Anda ke langkah selanjutnya.

6. Bisnis keluarga akan memberimu tantangan dan peluang untuk berkembang
Mengelola usaha sederhana milik keluarga tentu jadi hal baru bagi Anda. Sama halnya seperti ketika bekerja kantoran, banyak hal yang akan membuat Anda memeras otak dan merasa tertantang.

Bagaimana tidak, Anda harus memutar otak untuk memikirkan berbagai kendala yang mungkin akan datang mengusik kelancaran usaha, persaingan yang semakin ketat dengan usaha serupa yang lebih baru, sistem pengelolaan yang perlu diperbaharui, strategi pemasaran yang lebih up to date. Nah siapa lagi yang bisa kalau bukan Anda? Anda tahu persis usaha keluarga Anda, berjiwa muda dan memiliki ide segar.

7. Ketika berhasil memajukan usaha keluarga, Anda pantas berbangga
Berkat kehadiran Anda, usaha sederhana keluarga Anda bukan tidak mungkin menjadi perusahaan besar. Ketika Anda bisa membawanya ke langkah selanjutnya, Anda pun sudah membuktikan bahwa Anda memang memiliki kemampuan yang baik. Yang Anda lakukan adalah meneruskan dan membesarkan usaha keluarga sehingga menjadi lebih baik. Dengan begitu Anda dapat mengembangkan diri sekaligus membuat kedua orang tua bangga.

Jalan karir setiap orang bisa berbeda-beda. Tak ada salahnya jika Anda mantap melanjutkan bisnis orang tua. Kemampuan berbisnis Anda justru bisa semakin terasah ditambah kesempatan membuat kedua orang tua bahagia!

Apabila Anda merasa perlu bicara dengan business coach kami tentang bisnis keluarga Anda, silahkan klik disini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
7 Kata Penting Bagi Pemimpin (Artikel Bisnis)
next article
Tahukah Anda? Anda Tidak Perlu MBA untuk Jadi Kaya Dalam Bisnis! (Artikel Bisnis)