Begin typing your search above and press return to search
6 October 2016,
 0
Better Team

7 Tanda Karyawan Superstar yang Perlu Anda Pertimbangkan! (Artikel Bisnis)

6 October 2016
161 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Banyak klien kami yang mengeluhkan bahwa menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi penting di perusahaan bukanlah hal yang cukup mudah dilakukan. Apakah Anda mengalaminya juga?

Anda tentunya menginginkan pekerja dengan kemampuan superstar untuk membantu organisasi mencapai tujuannya yang lebih baik di masa depan, kan?

Tentunya terdapat banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan menerima karyawan, salah satunya adalah kepribadian dan perilaku. Seringkali, Anda merekrut karyawan melalui kemampuan akademiknya dan memberhentikan mereka karena perilaku mereka. Apakah ini cukup masuk akal untuk Anda?

Nah, untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam pemilihan karyawan dengan kepribadian dan perilaku yang baik dan sesuai agar tidak hanya mampu meningkatkan hasil perusahaan namun juga memberikan energi positif dalam lingkungan kantor.

Lalu, seperti apa ya sebenarnya ciri-ciri karyawan superstar tersebut? Yuk, simak liputannya.

1. Memiliki passion yang sesuai dengan posisi yang sedang Anda butuhkan
Dalam dunia kerja, antusiasme sangat diperlukan untuk menentukan grafik kinerja seorang karyawan. Passion, secara umum, adalah sikap yang sangat diperlukan agar seseorang mau berjuang menyelesaikan segala beban kantor yang ditangguhkan padanya bahkan yang paling sulit sekalipun.

Namun, sebelum Anda menilai passion dari calon pegawai Anda, Anda pun perlu memahami dengan benar-benar jelas mengenai job fit atau kriteria seperti apa yang sedang Anda benar-benar butuhkan untuk posisi tersebut (konsultasikan hal ini dengan tim kami secara gratis).

2. Bekerja cerdas
Kemampuan seorang pekerja untuk menghasilkan pemikiran cermat dan baik mengindikasikan bahwa mereka mendedikasikan diri pada kesuksesan. Pekerja seperti ini biasanya mampu melihat kesempatan baru dan fresh yang berpotensi menguntungkan perusahaan. Mereka tidak segan mengambil langkah lebih awal jika dirasa mampu berdampak baik bagi kantor. Orang-orang seperti ini juga mampu memotivasi koleganya serta menambahkan lebih banyak energi positif.
Perlu diperhatikan. bekerja cerdas jauh lebih baik dari bekerja keras. Karyawan yang datang paling pagi dan pulang paling malam memang kelihatannya rajin sekalin, namun ini bisa berarti dia kurang fasih dalam manajemen waktu, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dari rekan-rekan kerjanya untuk menyelesaikan pekerjaan.

3. Memiliki integritas
Integritas diartikan sebagai langkah menjaga janji yang pernah dibuat, mau bekerja keras, dan menenunjukkan keuletan. Karyawan superstar selalu jujur pada diri sendiri dan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk mendapatkan hasil terbaik.
Orang-orang seperti ini memiliki kode etik karyawan yang cukup kuat sehingga mudah dipercaya, baik, serta menghargai orang lain. Mereka kebanyakan menjadi model contoh bagi karyawan lain. Pekerja seperti ini biasanya patuh terhadap aturan, serta membantu orang lain untuk melakukan hal serupa.

4. Berorientasi pada hasil
Seorang pekerja teladan akan selalu bangga dengan pekerjaan mereka yang maksimal. Mereka selalu berusaha menampilkan hasil kerja karena ingin berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan, oleh karena itu karyawan seperti ini tak ragu mengambil kesempatan dan langsung turun tangan. Mereka percaya bahwa kesempatan baru akan membawa mereka untuk menghasilkan ide revolusioner yang nantinya berujung bukan hanya pada peningkatan keuntungan perusahaan namun juga pada standar excellence dari dirinya sendiri.

5. Mampu bekerjasama dengan tim
Pekerja teladan adalah orang-orang yang fleksibel yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan lancar, baik secara individu ataupun dalam tim. Perusahaan akan berkembang dan maju apabila didukung oleh segenap orang yang terlibat di dalamnya. Jadi, karyawan yang mampu bekerja sama dengan baik dalam teamwork adalah aset penting bagi perusahaan.

6. Memiliki attitude yang baik
Pekerja teladan tetap tenang meski berada dalam situasi pelik, kemudian mencari solusi dan menghindari argumen. Mereka tidak membiarkan diri tenggelam dalam pertengkaran atau persaingan yang mampu memicu perpecahan antar pegawai.

Pekerja teladan selalu siap dengan perubahan situasi bisnis maupun atmosfir kerja dengan kontrol diri kuat sehingga mereka tidak terbawa emosi. Dengan kata lain, mereka lebih banyak memotivasi dan menjaga kedamaian dalam kantor dibandingkan memulai argument. Setiap perusahaan membutuhkan figur untuk dijadikan contoh bagi anggota timnya, dari mulai prestasi kerja, sikap, disiplin, juga tingkah laku.

7. Menghargai waktu
Jika pepatah mengatakan waktu adalah uang, cobalah perhatikan cara karyawan Anda menghargai waktu. Mereka yang selalu datang tepat waktu artinya memiliki penghargaan waktu yang tinggi sehingga pasti mampu memenuhi berbagai deadline yang diberikan.
Tidak hanya semua pekerjaan selesai sebelum deadline, hasil pekerjaan mereka pun cenderung berkualitas. Dan apabila pekerjaan selesai lebih awal, artinya mereka akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan riset atau mencari ide-ide yang bisa diusulkan pada perusahaan.

Apabila Anda telah memiliki karyawan dengan 7 ciri-ciri diatas, tentu saja Anda tidak boleh menyia-nyiakan mereka. Mereka jelas merupakan orang-orang pilihan yang akan memberikan kontribusi cukup signifikan dalam perkembangan perusahaan ke arah lebih baik di masa mendatang. Nah pertanyaannya, sudahkah perusahaan Anda diisi orang-orang berkompeten seperti yang telah disebutkan?

Untuk mencari kandidat yang sesuai dengan 7 kriteria diatas, klik disini.

Untuk mengetahui employee engagement karyawan Anda, klik disini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
5 Tips Penting untuk Marketing Ritel! (Artikel Bisnis)
next article
Cara Memberhentikan Karyawan Dengan Cara yang Baik! (Artikel Bisnis)