Begin typing your search above and press return to search
14 September 2016,
 0
More Time

Bagaimana Mengelola Waktu Saya Sebagai CEO? (Artikel Bisnis)

14 September 2016
207 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebagai seorang pengusaha atau yang seringkali disebut dengan CEO, seringkali Anda dituntut untuk kemampuan multitasking. Kemampuan ini menjadi sangat penting guna memenuhi berbagai kebutuhan perusahaan dan mencapai deadline yang telah diberikan.

Apabila Anda adalah salah satu dari ribuan pengusaha yang masih melakukan multitasking. Saya sarankan sekarang juga untuk STOP melakukannya. Apabila Anda mampu memfokuskan diri pada satu hal di satu waktu tertentu, Anda akan dijamin lebih cepat menyelesaikan tugas Anda.

Pertanyaannya sekarang “Bagaimana sih kita bisa mengelola waktu?”.

Berikut adalah 5 Top Tips yang dapat membantu Anda dalam manajemen waktu yang lebih efektif!
1. Belajar mengelola prioritas Anda
Dimulai dari menganalisa penggunaan waktu anda. Anda bisa menggunakan 4 kategori ini untuk mengklasifikasikan pengunaan waktu Anda.
a. Hal yang tidak mendesak dan tidak begitu penting
Contohnya seperti seberapa sering Anda melihat HP Anda? Seberapa lama Anda menghabiskan waktu Anda untuk bermain sosial media? Seberapa lama Anda menghabiskan waktu Anda untuk chatting?

b. Hal yang tidak penting namun mendesak
Contohnya seperti dalam menghadapi hal-hal kritis yang pada dasarnya bisa dihindari apabila Anda telah memiliki back up plan, seperti Anda perlu pergi membeli tinta printer karena harus membut proposal penting, bensin yang habis karena menunda pengisian dikala harus berangkat ke meeting dan lain-lain.

c. Mendesak dan penting
Hal ini tentu saja merupakan hal-hal yang menghasilkan uang di bisnis Anda seperti meeting dengan klien, kegiatan invoice, kegiatan penyampaian produk dan servis, dan lain-lain.

d. Tidak mendesak tapi penting
Hal ini yang saya lihat banyak dilupakan para pengusaha, seperti kegiatan belajar, menambah ilmu bisnis melalui buku, membuat business plan dan lain-lain. Apabila Anda ingin bisnis Anda berkembang lebih cepat, pastikan Anda mengalokasikan waktu Anda pada kegiatan kategori ini.

2. Buat rencana yang SMART & kuasai daftar kegiatan yang harus anda lakukan (to-do lists)
Rencanakan hal-hal yang Anda ingin capai di awal setiap minggu dan turunkan hal tersebut ke dalam sebuah To-do lists. Dalam To-do list, uraikan tugas-tugas dan kegiatan Anda saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Untuk setiap item dalam daftar, anda harus menentukan kapan dan berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk menyelesaikannya.

3. Delegasi dan jangan takut mengatakan TIDAK
Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian. Kenali mana tugas yang dapat diselesaikan oleh orang lain dan delegasikan pekerjaan tersebut kepada mereka. Anda juga harus belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat anda lakukan. Ini adalah satu-satunya cara dimana anda dapat memiliki waktu yang diperlukan untuk menangani tugas-tugas yang benar-benar penting bagi anda.

4. Membagi tugas yang besar dalam kegiatan yang lebih kecil
Teknik lain yang akan membantu anda dalam manajemen waktu adalah dengan memecah tugas-tugas panjang yang biasanya anda tidak ingin melakukannya atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola. Ini akan mengelola baik stres maupun waktu anda.

5. Selalu alokasikan waktu untuk keigatan tak terduga
Masukkan dalam rencana anda waktu ekstra untuk tugas-tugas dan kegiatan tak terduga. Revisi rencana anda secara teratur dan alokasikan waktu untuk kegiatan tak terduga. Jangan terlalu padat dalam pembuatan jadwal agar memberikan ruang bagi hal yang tidak terduga.

Manajemen waktu adalah suatu keterampilan yang pada dasarnya ialah mengelola diri sendiri dan bagaimana memprioritaskan waktu kita. Memang, diperlukan waktu untuk menguasainya. Untuk itu, jangan tunda lagi, mulailah bekerja dengannya!

Bagi pengusaha yang mau tahu lebih banyak tentang tools pengelolaan waktu dan manajemen diri, daftarkan diri Anda sekarang juga, klik disini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
Inilah 3 Hal Kenapa Pelanggan Anda Pindah Ke Kompetitor! (Artikel Bisnis)
next article
Ini Dia 4 Alasan UKM Perlu Business Planning Jangka Pendek! (Artikel Bisnis)