Begin typing your search above and press return to search
17 October 2016,
 0
Family Business

Belajar Kisah Sukses Penerus Bisnis Keluarga – Putri Kuswisnuwardani dari Mustika Ratu (Artikel Bisnis)

17 October 2016
378 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Buat kamu yang akan meneruskan usaha keluarga, yuk kita contoh kisah sukses Putri Kuswisnuwardani, generasi kedua dari PT. Mustika Ratu Tbk.

Tidak hanya memiliki paras cantik, Putri Kuswisnuwardani atau yang dikenal sebagai putri dari BRA Mooryati Soedibyo alias pendiri PT. Mustika Ratu Tbk kini telah menjadi penerus di perusahaan kosmetik asal Indonesia tersebut. Putri dikenal sebagai sosok yang cerdas dan pandai berbisnis.

Anak kedua dari lima bersaudara ini mengawali karirnya di PT. Mustika Ratu pada 1986 sebagai kepala Departemen Promosi dan Periklanan. Setelah menyelesaikan studi di jenjang S2-nya, Putri kemudian ditempatkan di bawah manajer keuangan dan secara bertahap diangkat menjadi manager keuangan. Kemudian di tahun 1991, Putri diangkat menjadi Wakil Presiden Direktur Mustika Ratu.

Kurang lebih selang sepuluh tahun kemudian, setelah berhasil membuktikan kinerjanya dan memimpin tim, Putri secara resmi menggantikan ibunya sebagai CEO setelah melewati tiga tahap yakni konteks, proses dan konten.

● Proses
Dari sisi proses, Putri diajak untuk memulai karir dari bawah sebagai anak buah di tahun 1986 yakni sebagai manager promosi selama 2 tahun dan kemudian terus dipromosikan atas hasil kerjanaya.

● Konteks
Pada sisi konteks, pendiri alias Mooryati benar-benar memilih penerus yang mampu dan mau beradaptasi meneruskan pengalaman dan pengetahuan serta filosofi dan cita-cita tujuan pendahulu Mustika Ratu.

● Konten
Sedangkan untuk penilaian ketiga, Putri telah membuktikan kemampuannya dalam mengelola perusahaan kecantikan itu serta memimpin timnya menjadi yang lebih baik lagi.

Nah, apa pelajaran berharganya dari kisah ini?

Ada pelajaran berharga dari proses pencarian penerus di perusahaan ini yakni, ada tiga penilaian yang matang dalam memilih penerus. Ketiga hal tersebut dilakukan dalam waktu yang bisa dibilang cukup panjang, artinya tidak instan.

Hal menarik lainnya ialah, penerus diberikan pondasi yang kuat terhadap filosofi dan cita-cita tujuan bisnis pendahulu dan dari situ benar-benar dinilai apakah si penerus ini bisa benar-benar menyatu pada hal itu dan bagaimana mengembangkan bisnis tersebut tetap dengan fondasi dasar tersebut.

Calon penerus juga diperkenalkan dengan aspek bisnis yang berbeda-beda dari perusahaan dari masa ke masa untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan berbisnisnya. Tentu saja, ada penilaian atau indikator keberhasilan yang diterapkan sehingga keberhasilannya terukur.

Selain dari ketiga proses tersebut, semangat dari penerus juga perlu dicontoh dari Putri. Jabatan baru sebagai pemipin perusahaan membuatnya selalu tertantang untuk mengembangkan Mustika Ratu lebih lagi. Komitmennya kuat yakni untuk memajukan budaya nasional di kancah dunia internasional melalui berbagai produk asli tanaman Indonesia dan memperkenalkan secara menyeluruh latar belakang budaya menjadi keandalannya.

Keputusannya untuk bergabung dengan perusahaan membuat dirinya benar-benar terlibat dan bertekad untuk mengembangkan dan memajukan Mustika Ratu lebih lanjut. Tidak perlu takut dengan yang namanya keraguan. Keraguan memang sering kali muncul. Hal inipun dialami oleh Putri yang awalnya sempat pesimis tentang masa depannya di Mustika Ratu. Namun ia tidak menyerah dan kini Putri telah memetik hasil kerja kerasnya setelah dua puluh tahun.

Kini, Putri berhasil merubah Mustika Ratu menjadi perusahaan besar dan global. Dibuktikan dengan ekspor yang telah mencapai lebih dari 18 negara. Dibawah kepemimpinannya, Mustika Ratu juga mendapatkan pengakuan dari lembaga-lembaga baik yang nasional maupun internsasional atas kinerja timnya seperti Best Brand Platinum 2010, Best Packaging, Asia Pacific Entrepreneurship Awards hingga Most Admired Company.

Nah, menarik ya! Kalau perusahaan keluargamu, mau dibawa kemana?

Bicarakan dengan seorang Coach tentang proses handover bisnis keluargamu atau tentang arah tujuan bisnis keluargamu kedepan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
6 Cara Membangun Tim yang Solid (Artikel Bisnis)
next article
Pengusaha Mau Profit? Anda Perlu Tahu Ini… (Artikel Bisnis)