Begin typing your search above and press return to search
7 October 2016,
 0
Better Team

Cara Mengelola Karyawan dengan Mindset Entrepreneur! (Artikel Bisnis)

7 October 2016
2787 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Tak bisa kita pungkiri bila peran karyawan sangatlah besar dalam memajukan perusahaan. Tanpa adanya partisipasi dari para karyawan, bisa dipastikan tujuan besar perusahaan tidak bisa tercapai dengan maksimal.

Faktor ini perlu diperhatikan dengan baik oleh Anda, pendiri perusahaan. Sebab,dukungan sumber daya manusia yang berkualitas bakal menjadi salah satu tiang penyangga bagi pergerakan roda bisnis yang akan Anda jalankan kedepannya.

Coba bayangkan Siapa yang tak mengenal berbagai layanan seperti Gmail, tombol “like” pada Facebook, hingga varian dari Sony Playstation? Berbagai produk, icon, dan layanan ini begitu lekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Meski telah menjadi bagian masyarakat modern, bisa dikatakan hanya sedikit yang mengetahui daftar nama-nama hebat yang berperan dibalik berbagai produk tersebut. Masyarakat umumnya lebih mengenal sang CEO atau pendiri perusahaan yang berkali-kali muncul di layar kaca maupun melalui Wikipedia.

Namun, perlu diketahui bahwa dukungan dan sumbangsing dari orang-orang dibalik layar yang mungkin tak pernah Anda kenal inilah yang sebenarnya menjadi kunci terhadap inovasi dari sebuah perusahaan besar. Mereka disebut sebagai intrapreneur – individu atau beberapa orang yang berstatus sebagai karyawan namun memiliki jiwa kewirausahaan.

Karyawan dengan jiwa intrapreneur akan memberikan sumbangsih cukup positif bagi sebuah perusahaan. Berikut beberapa cara untuk menumbuhkan semangat intrapreneur dari karyawan Anda:

• Tanamkan pada karyawan bila perusahaan tersebut milik mereka
Meskipun posisi mereka hanya sebagai karyawan, namun mulailah mendidik mental mereka dengan rasa memiliki. Strategi ini cukup penting, agar kepedulian para karyawan mulai tumbuh dalam diri mereka dan tidak hanya sekedar menunggu instruksi atasan untuk bergerak menyelesaikan sebuah pekerjaan.

• Bantu mereka menemukan tujuan hidup mereka
Pastikan bila setiap karyawan memiliki visi, misi, dan mimpi besar yang sama dengan perusahaan, sehingga mereka bisa mencapai kesuksesan bersama dengan kemajuan perusahaan.

• Berikan sebuah tanggung jawab pada setiap karyawan
Hal ini perlu dilakukan untuk menganalisa kemandirian, inisiatif, serta prestasi kerja karyawan Anda. Pemberian tantangan atau tanggung jawab bagi setiap karyawan tentu saja perlu disesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Tentukan pula deadline atau target waktu yang Anda berikan untuk menyelesaikan tugas tersebut, dan lihatlah hasil akhirnya. Apabila mereka selalu berhasil mengerjakannya dengan tuntas, bisa dikatakan jiwa intrapreneur mulai tumbuh dalam diri karyawan Anda.

• Dorong Sikap Inovatif & Kreativitas Karyawan di Tempat Kerja
Berikanlah pertanyaan-pertanyaan yang menjadi sebuah alasan bagi mereka untuk berpikir dan berlaku inovatif dan kreatif. Pertanyaan seperti “Apakah yang ingin Anda raih dalam tahun ini?”, “Apakah manfaatnya jika Anda meraih apa yang diimpikan?”. Pertanyaan tersebut akan membuat karyawan Anda tertantang melakukan sebuah inovasi. Karyawan yang biasa bersikap inovatif dan kreatif, tentu saja akan memberikan sumbangsih yang baik juga bagi kemajuan perusahaan.

Intrapreneur secara umum berpengaruh positif bagi perusahaan atas segala inovasi dan kreativitas yang disumbangkan bagi pengembangan produk dan layanan. Mereka juga berperan dalam masyarakat karena mampu menghadirkan segala hal yang dibutuhkan. So, bangkitkan jiwa intrapreneur karyawan Anda sekarang juga!

Untuk meningkatkan jiwa wirausaha karyawan Anda secara lebih spesifik, silahkan klik disini untuk bicara dengan Coach kami!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
Cara Memberhentikan Karyawan Dengan Cara yang Baik! (Artikel Bisnis)
next article
5 Masalah yang Dihadapi Bos Pemula di Bisnis Keluarga Sendiri! (Artikel Bisnis)