Begin typing your search above and press return to search
13 October 2016,
 0
More Money

Marketing: Biaya vs Investasi? (Artikel Bisnis)

13 October 2016
187 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Salah satu pertanyaan yang seringkali masih menjadi perdebatan diantara kalangan para pemilik bisnis ialah soal Pemasaran, apakah dia bisa dikategorikan sebagai biaya atau investasi? Tentu saja, sebagian besar pemilik bisnis sudah mulai menyadari manfaat dari pemasaran sebagai salah satu tuas untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

Apabila Anda adalah salah satu diantara kebanyakan pemilik bisnis yang percaya bahwa pemasaran atau marketing seharusnya adalah sebuah investasi, tanyakan lagi kepada diri Anda akan apa yang telah Anda lakukan untuk benar-benar mendapatkan Return on Investment dari upaya tersebut!

Pernahkah Anda benar-benar menghitung dan mengukurnya?

Sebagian besar akuntan akan menunjukkan kepada Anda bahwa penjualan, pemasaran, dan pengiklanan berada di sisi pengeluaran dari bisnis Anda dan jika dilihat, rasanya memang seperti itu. Namun, apabila pemasaran benar-benar dilakukan dengan tepat, pemasaran akan benar-benar menjadi investasi terbaik Anda!

Coba lihat dari sudut pandang ini.

Jika saya membuat Iklan senilai $10.000 dan mendatangkan 10 pelanggan yang akhirnya berbisnis dengan saya. Artinya, saya telah melakukan upaya untuk membeli mereka seharga $1.000. Bisa jadi, bisnis pertama saya dengan mereka bahkan belum mampu membiayai nilai beli $1.000 tersebut.

Nah pertanyaannya sekarang, berapa banyak pelanggan Anda yang menghabiskan dananya bersama Anda selama hidup mereka?

Saya berikan contoh seperti ini. Dalam bisnis makanan anjing yang saya miliki, rata-rata orang menghabiskan $800 setahun untuk anjingnya dan anjing rata-rata hidupnya selama 10 tahun. Jadi, asumsikan seorang pelanggan tetap menggunakan produk saya selama lima tahun saja, maka pelanggan tersebut bernilai $4000 bagi bisnis saya.

Lalu, bagaimana jika pelanggan baru saya semuanya mereferensikan produk saya kepada dua pelanggan baru pada tahun pertama mereka? Sekarang, mereka bernilai tiga kali $4000 yang aritnya sama dengan $12000! Hal ini bahkan tanpa perlu mengulangi biaya $10.000 untuk pemasangan Iklan!

Bagaimana jika mereka juga merujuk dua pelanggan lain setiap tahun dan seterusnya? Berapa keuntungan saya
dari hasil investasi awal pemasangan Iklan $10.000 tersebut? Ratusan ribu?

Artinya, salah satu kunci penting membuat pemasaran Anda benar-benar menjadi investasi ialah memaksimalkan Lifetime Value setiap pelanggan Anda yang telah Anda hasilkan dari pemasaran di awal tadi. Anda harus memastikan ada tindak lanjut yang tepat setelah pemasaran, yakni, strategi untuk menjaga setiap pelanggan selama mungkin bersama bisnis Anda!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
Wallet Share vs Market Share? (Pangsa Dompet vs Pangsa Pasar?) (Artikel Bisnis)
next article
5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Karir Anda (Artikel Bisnis)