Begin typing your search above and press return to search
29 September 2016,
 0
Better Business

Tips Bisnis Kuliner Bagi Pemula! (Artikel Bisnis)

29 September 2016
134 Views
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Pebisnis pemula di era persaingan yang sangat ketat dituntut untuk dapat bergerak cepat dalam persaingan yang tinggi. Salah satu industri yang paling banyak dilirik oleh pebisnis pemula ialah bisnis kuliner.

Bisnis kuliner mempunyai segmentasi pasar yang luas membidik hampir semua kalangan dan golongan. Untuk itu bisnis ini tentu saja dapat menjadi salah satu bisnis yang berkembang. Lihat saja beberapa perusahaan besar ternama yang akhirnya bisa membuka cabang di seluruh dunia seperti McD, KFC, Pizza Hut, dan masih banyak lagi.

Apabila yang muncul di benak Anda sekarang adalah “pemain besar itu franchise, sementara saya bukan”, yup! Anda benar. Beberapa restoran ternama tersebut adalah restoran franchise. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa se-sukses mereka! Tentu saja bisa.

Apa Anda menginginkan nama restoran Anda mendunia seperti nama-nama di atas? Nah untuk itu, pada artikel ini, kami akan banyak memfokuskan pada tips bagaimana membangun bisnis restoran yang baik dan bertahan lama. Simak beberapa tips berikut.

Menentukan Target Pasar
Mungkin saja sajian kuliner Anda diperuntukkan untuk segala usia. Namun meskipun demikian alangkah baiknya Anda membuat atau menetapkan target pasar yang lebih spesifik untuk bisnis kuliner tersebut.

Dengan menetapkan sasaran konsumen yang spesifik, Anda akan lebih mudah untuk menetapkan teknik pemasaran dan pelayanan untuk diterapkan pada bisnis Anda. Dari penetapan target pasar ini Anda juga akan lebih mudah untuk memahami kriteria pelanggan Anda untuk Anda sesuaikan dengan komponen bisnis Anda.

Pilih Lokasi yang Tepat
Lokasi usaha memang sangat penting untuk perkembangan usaha kuliner Anda. Semakin strategis dan mudah dijangkau lokasi atau tempat usaha Anda oleh konsumen maka Anda akan memiliki kesempatan untuk lebih sukses. Hindari lokasi yang terbilang masih sepi atau juga terlalu sibuk. Karena kemungkinan besar, kedua tempat itu bukan tempat yang menarik orang untuk singgah di restoran Anda.

Tes dan Ukur Efektivitas Kegiatan Pemasaran Anda
Fokuskan langkah pemasaran Anda yang sesuai dengan target atau sasaran konsumen yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Tes dan ukur setiap upaya pemasaran. Jangan pernah melakukan terlalu banyak promosi atau kegiatan di satu waktu sekaligus karena Anda tidak akan tahu teknik mana yang paling efektif. Setelah mengetahui cara mana yang paling efektif, ulangi cara tersebut terus menerus.

Gunakan Teknik Meningkatkan Rata-rata Penjualan
Gunakan teknik seperti cross selling dan up selling untuk membantu Anda meningkatkan rata-rata penjualan. Seringkali, konsumen hanya perlu sedikit arahan untuk meningkatkan pembeliannya.

Utamakan Pelayanan
Terakhir, resep sukses bisnis kuliner ialah mengutamakan pelayanan. Beberapa pelayanan yang baik dari bisnis kuliner adalah menyambut konsumen yang datang, beramah tamah saat menanyakan pesanan makanan, pelayanan yang cepat, kebersihan tempat, promo dan juga pelayanan antar kirim pesanan via telepon.
Satu hal yang tidak kalah penting ialah perlunya mengelola database pengunjung. Seringkali, pengunjung tidak lagi berbisnis dengan Anda karena Anda tidak mengajak mereka untuk datang kembali.

Ciptakan Sistem dan Investasi yang Baik
Dalam menjalankan bisnis Anda memang perlu membuat sistem yang menggerakkan usaha secara otomatis tanpa harus selalu Anda pantau terus-menerus. Jika Anda mampu menciptakan sistem ini dengan baik maka akan lebih mudah untuk mengendalikan atau mengontrol bisnis saat usaha Anda sudah mulai berkembang. Sedangkan investasi sendiri adalah hal yang sangat penting untuk menjaga konsistensi serta keberlanjutan bisnis.

Nah, demikian tips dari kami! Selamat mencoba! Apabila Anda ingin berbicara lebih banyak tentang bisnis kuliner dengan Coach kami, silahkan klik disini!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
previous article
Ini Dia Kenapa Banyak Bisnis Kuliner Gagal! (Artikel Bisnis)
next article
3 Langkah Membuat Business Planning yang Efektif! (Artikel Bisnis)